IN HOUSE TRAINING IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim telah meluncurkan Kurikulum Merdeka pada 11 Februari 2022. Sebelumnya, Kurikulum Merdeka dikenal sebagai Kurikulum Prototipe. Menurut Nadiem, Kurikulum Merdeka ini sudah diuji coba di 2.500 sekolah penggerak. Nadiem mengatakan, Kurikulum Merdeka ini sudah mulai digunakan mulai tahun ajaran 2022/2023 di jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA. 

Adapun inti dari Kurikulum Merdeka adalah pendidikan berpatokan pada esensi dari belajar di mana setiap anak memiliki bakat dan minatnya masing-masing. Dengan kedua hal tersebut, maka tolak ukur yang diterapkan untuk menilai kedua anak yang memiliki minat berbeda pun tidak sama. Sehingga setiap anak tidak bisa dipaksakan untuk mempelajari sesuatu hal yang tidak disukainya. Tujuannya untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini. 

Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Maka dari itu SMPN 2 Ciracap mengadakan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan selama 3 hari yaitu mulai tanggal 16 – 18 Juni 2022 dengan Pengawas Pembina Bapak Kahar, M. Pd sebagai Narasumber.

In- House Training adalah sebuah bentuk program pelatihan dimana materi pelatihan, waktu, serta tempat pelatihan ditentukan sesuai dengan yang diminta dan dibutuhkan yang meminta. Umumnya pelatihan dalam bentuk In-House Training ini dilaksanakan oleh Institusi/Dinas dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di tempatnya. In-House Training pun akan sangat membantu meningkatkan kualitas SDM yang menjadi eksekutor atas ide, rencana, dan kegiatan.

Tujuan umum IHT implemetasi merdeka belajar adalah meningkatkan kompetensi peserta didik melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan program dan kebijakan merdeka belajar.

 

Tujuan khusunya adalah agar mampu:



1.    Memahami program merdeka belajar, guru merdeka, dan merdeka mengajar

2.    Memahami Tujuan Pendidikan Nasional dan Profil Pelajar Pancasila (PPP)

3.    Memahami penyusunan Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Pembelajaran merdeka belajar.

4.    Memahami Projek Profil Pelajar Pancasila (PPPP).

5.    Memahami assesmen pembelajaran.

6.    Memahami kegiatan tahapan pelaksanaan projek.

7.    Memahami Jenis-jenis penjadwalan.

8.    Memahami pemetaan muatan jam pembelajaran

 

 

MERRDEKA BELAJAR MENGAJAR :

Mulai Dari diri

Eksplorasi Konsep

Ruang Kolaborasi

Refleksi Terbimbing

Demontrasi Kontektual

Elaborasi Pemahaman

Koneksi Antar Materi

Aksi Nyata