Menteri Pendidikan, Kebudayaan,
Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim telah meluncurkan
Kurikulum Merdeka pada 11 Februari 2022. Sebelumnya, Kurikulum Merdeka dikenal
sebagai Kurikulum Prototipe. Menurut Nadiem, Kurikulum Merdeka ini sudah diuji
coba di 2.500 sekolah penggerak. Nadiem mengatakan, Kurikulum Merdeka ini sudah
mulai digunakan mulai tahun ajaran 2022/2023 di jenjang TK, SD, SMP, hingga
SMA.
Adapun inti dari Kurikulum
Merdeka adalah pendidikan berpatokan pada esensi dari belajar di mana setiap
anak memiliki bakat dan minatnya masing-masing. Dengan kedua hal tersebut, maka
tolak ukur yang diterapkan untuk menilai kedua anak yang memiliki minat berbeda
pun tidak sama. Sehingga setiap anak tidak bisa dipaksakan untuk mempelajari sesuatu
hal yang tidak disukainya. Tujuannya untuk mengasah minat dan bakat anak sejak
dini.
Sebagai bagian dari
upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut
sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih
fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter
dan kompetensi peserta didik. Maka dari itu SMPN 2 Ciracap mengadakan In House Training
(IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan selama 3 hari yaitu
mulai tanggal 16 – 18 Juni 2022 dengan Pengawas Pembina Bapak Kahar, M. Pd
sebagai Narasumber.
In- House Training adalah sebuah bentuk program pelatihan dimana
materi pelatihan, waktu, serta tempat pelatihan ditentukan sesuai dengan yang
diminta dan dibutuhkan yang meminta. Umumnya pelatihan dalam bentuk In-House
Training ini dilaksanakan oleh Institusi/Dinas dalam rangka meningkatkan
kualitas SDM di tempatnya. In-House Training pun akan sangat membantu
meningkatkan kualitas SDM yang menjadi eksekutor atas ide, rencana, dan
kegiatan.
Tujuan umum IHT implemetasi merdeka belajar adalah meningkatkan
kompetensi peserta didik melalui pembinaan guru dalam merencanakan,
melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan program dan kebijakan
merdeka belajar.
Tujuan khusunya adalah agar mampu:
1. Memahami program merdeka belajar, guru
merdeka, dan merdeka mengajar
2. Memahami Tujuan Pendidikan Nasional dan
Profil Pelajar Pancasila (PPP)
3. Memahami penyusunan Capaian Pembelajaran
(CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul
Pembelajaran merdeka belajar.
4. Memahami Projek Profil Pelajar Pancasila
(PPPP).
5. Memahami assesmen pembelajaran.
6. Memahami kegiatan tahapan pelaksanaan
projek.
7. Memahami Jenis-jenis penjadwalan.
8. Memahami pemetaan muatan jam
pembelajaran
MERRDEKA BELAJAR
MENGAJAR :
Mulai Dari diri
Eksplorasi Konsep
Ruang Kolaborasi
Refleksi Terbimbing
Demontrasi Kontektual
Elaborasi Pemahaman
Koneksi Antar Materi
Aksi Nyata